phone: 0411 *******
e-mail: faizaldamrin@gmail.com

Senin, 19 November 2012

Html pengantar



KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wrahmatullahi Wabarakatu
            Alhamdulilah, puji syukur kami panjtakan kehadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Tak lupa pula kami lantunkan shalawat kepada Rasulullah SAW yang telah mengajarkan umat manusia untuk meniggalkan kebathilan dan hidup dengan fitrah dari Allah SWT.
            Ucapan terima kasih kepada kawan-kawan yang telah membantu kami dalam penyusunan makalah ini hingga selesai. Semoga bantuan kalian tidaklah menjadi sia-sia dengan bermanfaatnya makalah ini bagi para pembaca. Amin.
            Kami selaku penulis sangat menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu kami harapkan kritik dan saran dari agar kedepannya kami dapat menyajikan tulisan yang lebih baik.
            Jika dalam makalah ini terdapat perkataaan-perkataan yang salah dan kurang berkenan dihati anda sebagai pembaca, kami ucapkan maaf. Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak lepas dari salah dan khilaf




Makassar, 24  September 2012

Penulis








DAFTAR ISI

Halaman Judul .................................................................................... i
Kata Pengantar ................................................................................... ii
Daftar Isi ............................................................................................ iii
BAB I        PENDAHULUAN ............................................................ 1
A.    Latar Belakang ........................................................... 1
B.     Rumusan Masalah ...................................................... 1
BAB II       PEMBAHASAN ............................................................... 2
A.    Definisi dan Penggolongan Software ......................... 2
B.     Sistem Operasi ........................................................... 2
C.     Bahasa Pemrograman ................................................. 3
D.    Software Aplikasi Saintifik ......................................... 4
E.     Software Aplikasi Perkantoran.....................................4
BAB III     PENUTUP .......................................................................... 5
A.    Kesimpulan ...................................................................5
B.     Saran .............................................................................5
Daftar Pustaka ........................................................................................6







Bahasa Pemograman Interpreter (HTML)

    Interpreter merupakan Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program ( yang di tulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan intruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut di eksekusi baris demi  baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut.
    HTML atau Hypertext Mark up Language merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau document dari web server ke browser kita (Internet Explorer, Netscape Navigator, NeoPlanet, dll). Berdasarkan kata-kata penyusunnya HTML dapat diartikan lebih dalam lagi menjadi:
Hypertext
Link hypertext adalah kata atau frase yang dapat menunjukkan hubungan suatu naskah dokumen dengan naskah-naskah lainnya. Jika kita klik pada kata atau frase untuk mengikuti link ini maka web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain dari naskah atau dokumen yang kita tuju.

Markup
Pada pengertiannya di sini markup menunjukkan bahwa pada file HTML berisi suatu intruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada WWW

Language
Meski HTML sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen.
 Dokumen HTML adalah suatu text biasa, dan disebut sebagai markup language karena mengandung tanda – tanda ( tag ) tertentu yang digunakan untuk menetukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Syarat perlu mempelajari suatu bahasa pemograman adalah mengetahui strukturnya. Program/Dokumen HTML terdiri dari kepala Program/dokumen dan badan program/dokumen. Dokumen html adalah suatu dokumen yang diapit dengan tag <HTML> kepala program diapit dengan tag <head> dan badan program diapit oleh tag <body>, sebuah halaman web minimal mempunyai empat buat tag, yaitu :
<HTML>
Sebagai tanda awal dokumen HTML.
<HEAD>
Sebagai informasi page header.
<TITLE>
Sebagai titel atau judul halaman. Kalimat yang terletak di dalam tag ini   akan muncul pada bagian paling atas browser Anda (pada title bar).


<BODY>
Di dalam tag ini bisa diletakkan berbagai page attribute seperti warna latar belakang, warna teks, warna link, warna visited link, warna active link dan lain-lain.
a.Membuat Homepage sederhana
      Dalam pembuatah sebuah homepage, ada beberapa software yang dapat digunakan antara lain:
·         Notepad
     Program teks sederhana milik Windows yang dapat digunakan untuk mengetikkan perintah HTML. Jika kita menggunakan Linux atau unix, maka kita bisa menggunakan vi atau pico sebagai pengganti Notepad.
Adapun langkah kerja membuat homepage dengan menggunakan Notepad adalah:
v  Klik Start pada menu utama Windows
v  All Programs
v  Accessories
v  Notepad
·         Pembuat graafis
     Untuk membuat gambar yang menarik perhatian. Seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dsb.
·         Browser
          Untuk melihat hasil/tampilan homepage dari program -program HTML yang telah kita ketikkan di Notepad. Yang kita gunakan kali ini adalah Microsoft Internet Explorer. Ada 2 hal penting yang perlu kita ketahui yaitu fasilitas View Source dan Refresh yang berguna mempercepat pekerjaan jika kita menggunakan Internet Explorer, yaitu :
v  View Source, untuk melihat source (isi perintah HTML) dari sebuah dokumen HTML. Pada browser internet explorer,jika mengklik View lalu pilih Source, maka akan terlihat source dari dokumen tersebut seperti pada Notepad. Sehingga kita akan lebih mudah melakukan perubahan/edit dengan cepat
v  Refresh, melihat dengan cepat tampilan baru dokumen HTML yang telah di ubah. Dengan cara mengklik symbol refresh atau tekan F5.

b. Pengaturan tampilan Homepage
    Agar tampilan desain lebih menarik, maka dalam membuat program HTML sebaiknya juga memperhatikan beberapa property misalnya saja seperti Format teks htmlnya dalam pembuatan html dalam notepad kita harus melakukan pengaturan terhadap teks seperti memilih jenis dan ukuran huruf, peralatan, dll.
Elemen Html
Dalam dokumen HTML, elemen dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu elemen-elemen <HEAD> yang memberikan informasi tentang dokumen, seperti judul dokumen atau hubungannya dengan dokmen lain. Dan elemen-elemen <BODY> yang menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan oleh browser, seperti paragraf, list (daftar), tabel dan lain-lain. Di dalam elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta yang ada dalam tag-tag tersebut.














Kesimpulan
         Keberadaan Internet atau lebih dikenal dengan istilah dunia maya pada saat sekarang ini merupakan bukan hal yang asing lagi bagi setiap orang melainkan telah dikenal oleh seluruh orang hmpir diseluruh penjuru dunia . Maka dari itu dalam pembuatan Website dituntut untuk lebih maju lagi dan berkembang tentunya mengikuti perkembangan zaman. Para programmer saling berusaha membuat sesuatu yang lebih baru lagi yang tentunya lebih uptudate dengan merancangkan program – program yang lebih canggih, salah satunya dengan menggunakan pemrograman HTML. Berbagai macam bentuk layout pada pemrograman HTML dalam mendesain website merupakan bagian – bagian yang harus diketahui, karena itu menentukan dari hasil rancangan dalam pembuatan suatu pogram/ website.

 

1 komentar: