phone: 0411 *******
e-mail: faizaldamrin@gmail.com

Selasa, 13 November 2012

PENGENALAN KOMPUTER


SOAL
1.      Apakah  tablet termasuk kategori input atau output device?
2.      Gambarkan motherboard lengkap dengan keterangan dan funginya!
3.      Jelaskan perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo!

4.      Buat artikel tentang processor, minimal 5 lembar beserta sumbernya!
JAWAB
1.    Tablet tidak termasuk kategori input mauput output device karena tablet merupakan  salah satu PC atau Personal Computer.
2.    Gambar motherboard



Keterangan gambar :
1.      I/O connector, fungsinya membantu processor untuk melakukan koneksi dengan komponen pendukung (peripheral).
2.      CPU Socket, fungsinya sebaga tempat dipasangnya otak dari komputer (Processor).
3.      Heatsink, berfungsi sebagai kipas untuk mendinginkan processor
4.      Slot memory merupakan tempat untuk meletakkan RAM.. Bentuk Memory Slot ini tergantung pada jenis memory yang akan kita gunakan.
5.      Disk drive dan  Floopy drive connection, berfungsi untuk menghubungkan media removable atau  media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Disket atau Floppy Disk, dan CD-ROM
6.      CMOS Baterai: Baterai ini digunakan untuk mempertahankan memori dari chip CMOS yang berisi hal-hal seperti tanggal, waktu, jenis perangkat keras dan pengaturan lainnya khusus untuk komputer ini.
7.      Chipset adalah tulang belakang dan saraf pusat otak. Fungsinya untuk mengatur hubungan antara processor dengan piranti lainnya.
8.      Expansion Slots nerupakan tempat untuk meletakkan card-card tambahan pada system hardware computer, seperti VGA card, Sound card, modem, dll.

3.    Perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo:
Pada Dual Core, dalam satu processor memang ada dua "tempat kerja", namun tempat kerja kedua baru dipakai jika tempat kerja pertama sudah tidak sanggup melaksanakan tugasnya.  Pada Core 2 Duo, dalam satu processor juga mempunyai dua "tempat kerja" dan kedua-duanya dapat dipakai bersamaan dalam menyelesaikan satu tugas.

4.    Artikel tentang processsor

Pengertian atau definisi processor – Jika di analogikan, processor layaknya “otak” pada manusia. Processor merupakan komponen penting yang berfungsi mengendalikan semua komponen di dalam komputer, mengolah data, dan mengeksekusi semua sistem operasi yang diinstal di dalam komputer. Satuan kecepatan eksekusi processor dinyatakan dalam herzt (Hz).
Dalam pengertian tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa processor merupakan bagian penting dalam sebuah komputer namun bukan hanya processor saja yang anda perhatikan. Komponen-pomonen lainnya yang mendukung kinerja processor juga sangat penting pengaruhnya. Dalam hal ini kita harus jeli dalam pemilihan processor untuk kebutuhan sehari-hari. Di samping itu juga anda juga harus mengetahui jenis processor berdasarkan tujuan penggunaan komputer, yaitu sebagai berikut.
1.      Komputer untuk aplikasi design, editing video, programing, dan database disarankan menggunakan processor Intel. Beberapa jenis processor Intel yang mungkin bisa dipertimbangkan sebagai berikut:
a.       Pentium 4 Extreme Editing
b.      Pentium D
2.      . Komputer untuk aplikasi game (online dan offline) ataupun aplikasi yang membutuhkan bandwith yang cukup, sebaiknya menggunakan processor AMD. Beberapa jenis processor AMD yang mungkin bisa dipertimbangkan sebagai berikut.
a.        AMD Athlon 64
b.      AMD Athlon 64 FX
3.      Jika anda bukan termasuk penggila “merek” processor, tetapi lebih mementingkan faktor kebutuhan pengguna komputer saja, hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat kecepatan processor.
a.       Untuk komputer penggunaan umum atau hanya pekerjaan administrasi (office), pilih processor yang memiliki kecepatan sampai 1,8 Ghz.
b.      Untuk komputer penggunaan umum yang lebih berat (bukan sekedar pekerjaan administrasi), pilih processor yang memiliki kecepatan sampai 2,4 Ghz.
c.       Untuk komputer khusus Game (terutama online), pilih processor yang memiliki kecepatan di atas 2,6 Ghz.
d.      Untuk komputer performa tinggi (data base atau server), pilih processor yang memiliki kecepatan di atas 2,8 Ghz.
Prosesor komputer bertindak sebagai komponen koordinasi utama dari komputer. CPU akan mengakses program, data, atau fungsi komputer lain dari RAM (Random Access Memory) saat dipanggil oleh sistem operasi komputer. Prosesor kemudian akan menginterpretasikan instruksi komputer yang berkaitan dengan tugas memerintahkan sebelum mengirimnya kembali ke RAM komputer untuk eksekusi melalui bus sistem komputer dalam urutan yang benar.
Intidari prosesor komputer adalah kemampuan untuk memproses kode bahasa mesin. Ada tiga dasar instruksi bahasa mesin yang dapat dibaca oleh CPU:
a.       Memindahkan data dari memori komputer ke komputer lain
b.      Langsung ke instruksi yang di setting berdasarkan operasi logis atau pilihan
c.       Lakukan operasi matematika menggunakan Unit Aritmatika Logic (ALU)
Untuk melakukan operasi ini, prosesor yang menggunakan alamat bus yang digunakan untuk mengirim alamat ke memori komputer serta data bus yang digunakan untuk mengambil atau mengirim informasi ke memori komputer.
Ini juga memiliki garis kontrol terpisah yang akan memberitahukan memori komputer jika mendapatkan atau mengirim / pengaturan lokasi memori tertentu. Dalam rangka untuk melakukan semua operasi yang dirancang, CPU juga memiliki sebuah jam yang merupakan dasar untuk sinkronisasi tindakan prosesor dengan sisa dari komputer. Untuk mengakses digunakan instruksi komputer atau data, prosesor juga akan menerapkan skema caching yang berbeda dalam rangka untuk mendapatkan akses ke data yang dibutuhkan pada tingkat yang lebih cepat daripada menggunakan RAM .
Prosesor komputer hanya mampu membaca dan mengakses ramdom memori (ROM dan RAM bergantian). ROM prosesor merupakan program dengan informasi yang telah di setting terlebih dahulu yaitu program permanen dengan fungsi inti dalam rangka untuk komunikasi fasilitas prosesor dengan bus data. ROM biasa disebut sebagai BIOS (Basic Input / Output System) pada komputer Windows dan juga untuk mendapat boot sector pada komputer.
Prosesor dapat membaca dan menulis ke RAM tergantung pada apa tindakan (s) dari sekumpulan instruksi yang telah ditentukan jika prosesor disuruh mengerjakan sesuatu. RAM tidak dirancang secara permanen menyimpan data saat komputer dimatikan atau mati lampu listrik.

Perkembangan Processor

GENERASI 1 (Processor 8088 dan 8086)
Processor 8086 (1978) merupakan CPU 16 bit pertama Intel yang menggunakan bus sistem 16 bit. Tetapi perangkat keras 16 bit seperti motherboard saat itu terlalu mahal, dimana komputer mikro 8 bit merupakan standart. Pada 1979 Intel merancang ulang CPU sehingga sesuai dengan perangkat keras 8 bit yang ada. PC pertama (1981) mempunyai CPU 8088 ini. 8088 merupakan CPU 16 bit, tetapi hanya secara internal. Lebar bus data eksternal hanya 8 bit yang memberi kompatibelan dengan perangkat keras yang ada.
Sesungguhnya 8088 merupakan CPU 16/8 bit. Secara logika prosesor ini dapat diberi nama 8086SX. 8086 merupakan CPU pertama yang benar-benar 16 bit di keluarga ini.

GENERASI 2 Processor 80286
286 (1982) juga merupakan prosessor 16 bit. Prosessor ini mempunyai kemajuan yang relatif besar dibanding chip-chip generasi pertama. Frekuensi clock ditingkatkan, tetapi perbaikan yang utama ialah optimasi penanganan perintah. 286 menghasilkan kerja lebih banyak tiap tik clock daripada 8088/8086. Pada kecepatan awal (6 MHz) berunjuk kerja empat kali lebih baik dari 8086 pada 4.77 MHz. Belakangan diperkenalkan dengan kecepatan clock 8,10,dan 12 MHz yang digunakan pada IBM PC-AT (1984). Pembaharuan yang lain ialah kemampuan untuk bekerja pada protected mode/mode perlindungan – mode kerja baru dengan “24 bit virtual address mode”/mode pengalamatan virtual 24 bit, yang menegaskan arah perpindahan dari DOS ke Windows dan multitasking. Tetapi anda tidak dapat berganti dari protected kembali ke real mode / mode riil tanpa mere-boot PC, dan sistem operasi yang menggunakan hal ini hanyalah OS/2 saat itu.
GENERASI 3 Processor 80386 DX
386 diluncurkan 17 Oktober 1985. 80386 merupakan CPU 32 bit pertama. Dari titik pandang PC DOS tradisional, bukan sebuah revolusi. 286 yang bagus bekerja secepat 386SX pertama-walaupun menerapkan mode 32 bit. Prosessor ini dapat mengalamati memori hingga 4 GB dan mempunyai cara pengalamatan yang lebih baik daripada 286. 386 bekerja pada kecepatan clock 16,20, dan 33 MHz. Belakangan Cyrix dan AMD membuat clones/tiruan-tiruan yang bekerja pada 40 MHz. 386 mengenalkan mode kerja baru disamping mode real dan protected pada 286. Mode baru itu disebut virtual 8086 yang terbuka untuk multitasking karena CPU dapat membuat beberapa 8086 virtual di tiap lokasi memorinya sendiri-sendiri. 80386 merupakan CPU pertama berunjuk kerja baik dengan Windows versi- versi awal.


Processor 80386SX
Chip ini merupakan chip yang tidak lengkap yang sangat terkenal dari 386DX. Prosessor ini hanya mempunyai bus data eksternal 16 bit berbeda dengan DX yang 32 bit. Juga, SX hanya mempunyai jalur alamat 24. Oleh karena itu, prosessor ini hanya dapat mengalamati maksimum RAM 16 MB. Prosessor ini bukan 386 yang sesungguhnya, tetapi motherboard yang lebih murah membuatnya sangat terkenal.
GENERASI 4 Processor 80486 DX
80486 dikeluarkan 10 April 1989 dan bekerja dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Hal ini dapat terjadi karena penanganan perintah-perintah x86 yang lebih cepat, lebih-lebih pada mode RISC. Pada saat yang sama kecepatan bus dinaikkan, tetapi 386DX dan 486DX merupakan chip 32 bit. Sesuatu yang baru dalam 486 ialah menjadikan satu math coprocessor/prosesor pembantu matematis.
Sebelumnya, math co-processor yang harus dipasang merupakan chip 387 yang terpisah, 486 juga mempunyai cache L1 8 KB.
GENERASI 5 Pentium Classic (P54C)
Chip ini dikembangkan oleh Intel dan dikeluarkan pada 22 Maret 1993. Prosessor
Pentium merupakan super scalar, yang berarti prosessor ini dapat menjalankan lebih dari satu perintah tiap tik clock. Prosessor ini menangani dua perintah tiap tik,sebanding dengan dua buah 486 dalam satu chip. Terdapat perubahan yang besar dalam bus sistem : lebarnya lipat dua menjadi 64 bit dan kecepatannya meningkat menjadi 60 atau 66 MHz.
Sejak itu, Intel memproduksi dua macam Pentium yang bekerja pada sistem bus 60 MHz (P90, P120, P150, dan P180) dan sisanya, bekerja pada 66 MHz(P100,
P133,P166, dan P200).
GENERASI 6 Pentium Pro
Pengembangan Pentium Pro dimulai 1991, di Oregon. Diperkenalkan pada 1 November, 1995. Pentium Pro merupakan prosessor RISC murni, dioptimasi untuk pemrosesan 32 bit pada Windows NT atau OS/2. Fitur yang baru ialah bahwa cache L2 yang menjadi satu Chip raksasa, dengan chip empat persegi panjang dan Socket-8nya. Unit CPU dan cache L2 merupakan unit yang terpisah di dalam chip ini.
Pentium Pro “Klamath” merupakan nama sandi prosessor puncak Intel. Prosessor ini mengakhiri seri Pentium Pro yang sebagian terdapat pengurangan dan sebagaian terdapat perbaikan. Diperkenalkan 7 Mei 1997, Pentium II mempunyai fitur- fitur :
·           CPU diletakkan bersama dengan 512 KB L2 di dalam sebuah modul SECC (Single Edge Contact Cartridge)
·           Terhubung dengan motherboard menggunakan penghubung/konektor slot
one dan bus P6 GTL+.
·           Perintah-perintah MMX.
·           Perbaikan menjalankan program 16 bit (menyenangkan bagi pengguna
Windows 3.11)
·            Penggandaan dan perbaikan cache L1 (16 KB + 16 KB).
·           Kecepatan internal meningkat dari 233 MHz ke 300 MHz (versi berikutnya lebih tinggi).
Cache L2 bekerja pada setengah kecepatan CPU.
Dengan rancangan yang baru, cache L2 mempunyai bus sendiri. Cache L2 bekerja pada setengah kecepatan CPU, seperti 133 MHz atau 150 MHz. Jelas merupakan sebuah kemunduran dari Pentium Pro, yang dapat bekerja pada 200 MHz antara
CPU dan cache L2. Hal ini dijawab dengan cache L1. Dibawah ini terlihat
perbandingan tersebut : Pentium II telah tersedia dalam 233, 266, 300, 333,350, 400, 450, dan 500 MHz (kecepatan yang lebih tinggi segera muncul). Dengan chip set 8244BX dan i810 Pentium II mempunyai unjuk kerja yang baik sekali.
Pentium II berbentuk kotak plastik persegi empat besar, yang berisi CPU dan cache. Juga terdapat kontroler kecil (S824459AB) dan kipas pendingin dengan ukuran yang besar.

Sumber :



0 komentar: